Rabu, 09 Agustus 2017

Nyakim Gatwetch, si "Ratu Kegelapan" Model Cantik Berkulit Hitam Legam Asal Sudan



BANYAK model yang menjunjung kesempurnaan dan kecantikan fisik dengan tubuh yang langsing, tinggi, serta warna kulit putih. Namun, tak demikian dengan sosok wanita bernama Nyakim Gatwetch. Pasalnya, Nyakim mampu melampaui definisi kecantikan seorang model yang selama ini diidentifikasi dengan kulit putih.
Nyakim Gatwetch adalah seorang model yang berasal dari Sudan. Ia menjadi terkenal dalam industri modeling lantaran memiliki keunikan yang berbeda dari kebanyakan model pada umumnya. Ya, Nyakim memiliki kulit yang berwarna sangat gelap. Tak heran bila ia dijuluki sebagai 'Queen of Dark' atau ratu kegelapan.
Dara berusia 24 tahun ini memiliki tujuan hidup sendiri saat dirinya memutuskan menjadi seorang model. Ia memutuskan untuk mempromosikan nilai positif soal warna kulit serta penerimaan diri.

 

Kendati memiliki kulit berwarna hitam legam, tak lantas membuat Nyakim berkecil hati. Ia pun dengan bangga memamerkan foto-foto dirinya saat menjadi model dengan kulit gelapnya dalam sejumlah foto di akun Instagram.
Selain mengunggah foto cantiknya, ia juga memberikan beberapa kata dan pesan yang menginspirasi kepada kurang lebih 89 ribu followers-nya. Tentu saja kata dan pesan inspirasional tersebut ditujukan bagi para perempuan yang tengah berjuang untuk bisa nyaman dan percaya diri dengan warna kulit yang dimiliki.
Mengutip Popsugar, Kamis (10/8/2017), pada awal tahun, Nyakim pernah ditanya perihal warna kulitnya. Kala itu, seorang supir Uber menanyakan apakah dirinya ingin memutihkan kulitnya yang berwarna gelap.

"Aku ditanya oleh supir Uber, ia bertanya, 'Jangan anggap ini sebagai sebuah hinaan, tapi jika Anda diberikan USD10 ribu, maukah kamu memutihkan kulitmu?," kata Nyakim.
Mendengar pertanyaan tersebut, Nyakim hanya tertawa. "Aku tak bisa menjawabnya karena aku langsung tertawa keras. Dia (supir Uber-Red) langsung berkata, 'Berarti jawabnya tidak'. Dan saya berpikir, tentu saja tidak. Mengapa aku harus memutihkan warna melanin yang Tuhan anugerahkan kepada saya?," terang Nyakim.
Bukan hanya sopir Uber yang mempertanyakan soal warna kulitnya. Banyak orang yang melihat Nyakim pun berkomentar sama. Wanita yang bermukim di Minneapolis ini memiliki keyakinan yang tinggi terhadap dirinya.
Ia pun berkeinginan agar orang lain juga memiliki pendirian yang sama, kecantikan tak hanya dipandang dari luar karena kecantikan dari dalam sesungguhnya lebih berarti. Nyakim berpesan kepada wanita berkulit hitam lainnya agar merasa nyaman dan bangga dengan keindahan kulit mereka sendiri.

 

"Aku menyukai kenyataan bahwa kulitku unik dan seluruh kulitku adalah satu warna. Kita semua itu cantik dalam warna kulit apa pun yang telah Tuhan ciptakan. Jadi, mengapa harus merasa buruk memiliki kulit gelap? Rangkul dan cintai siapa dirimu dan dunia akan baik kepadamu," tutur Nyakim.
"Beberapa orang bahkan melihat saya dengan tajam dan bertanya mengapa saya hitam? Bagaimana mungkin mereka mengharapkan saya menjawab pertanyaan itu? Selain karena alasan bahwa saya diberkati dengan melanin dan saya cinta warna hitam ini," lanjutnya.
Bukan hanya Nyakim Gatwetch, Anda tentu mungkin ingat dengan model bernama Khoudia Diop yang juga berkulit hitam. Wanita asal Senegal, Afrika, itu memperkuat anggapan bahwa kulit hitam yang dimiliki tak menghalangi impiannya untuk menjadi model kelas dunia.

0 komentar:

Posting Komentar