Di Swiss, salah satu negara terkaya dunia,
perencanaan keuangan dimulai sejak kecil. Salah satu lembaga keuangan
di sana, Bank Credit Suisse, mengeluarkan celengan digital bernama Viva
Kids yang membuat anak-anak usia di bawah 12 tahun membuat target tabungan, mengecek saldo dan cara membayar.
"Pendidikan finansial pada anak adalah hal penting di Swiss," kata
Credit Suisse mengutip studi terbaru yang menunjukkan 90 persen orang
tua di sana ingin anaknya belajar cara mengelola uang seperti dilansir
AFP, Kamis (31/8).
Studi oleh firma riset amPuls untuk Credit Suisse itu juga menemukan
bahwa sebagian besar anak Swiss tak hanya menerima uang saku, tapi juga
tidak menghamburkannya.
Masih menurut riset, orangtua Swiss ditanya bagaimana cara mengajari
anak soal uang ketika alat pembayaran itu semakin banyak dipakai dalam
bentuk digital, bukan koin dan kertas yang bisa disimpan di celengan.
"Celengan ini menawarkan berbagai pilihan untuk mengajari anak cara
sederhana bagaimana cara kerja uang tunai dan uang digital dan cara
menggunakannya," kata Credit Suisse.
0 komentar:
Posting Komentar